Rabu, 03 September 2008

Sejuta Cerita Tentang KKN

 KKN itulah singkatan dari Kuliah kerja nyata yang merupakan mata kuliah wajib universitas di UPI ini.. ada banyak pendapat orang tentang kkn, ada yang bilang.. "kkn, wah seru tuh... asyi di hidup di desa..." ada yang bilang "kkn?wah cuma syarat doang.. ga penting deh..." ada juga yang bilang "kkn?cuma pergi liburan doang di kampung.. nyantai aja.." Apapun pendapat pendapat tentang kkn itu tapi yang aku rasa sendiri kkn itu berkesan. Kita terdiri dari 11 orang yang udah aku sebutin di posting sebelumnya, kebagiannya di cimanggu dengan tema pemberdayaan ekonomi masyarakat.. Buset.. aslinya, begitu denger temanya aku langsung bete.. gimana ga? orang aku jurusan komputer tapi malah kebagian tema ekonomi.. males banget..  Awal disana emang lumayan bete, tapi lama kelamaan jadi asik sendiri dan menyenangkan. Bebrapa manfaat yang aku rasakan tentang kkn atara lain:



  • Belajar Bermasyarakat dan berinteraksi dengan masyarakat, meskipun sulit buat aku karena aku bukan orang sunda dan ga ngerti bahasa sunda.. 

  • Belajar memahami dan mengerti orang lain, yap memang kita terdiri dari berbagai karakter dalam satu kelompok,, tapi semua nya asik2 juga kok.. kita bisa belajar bagaimana menghargai orang lain, memahami sifat temen2 satu kelompok.

  • Belajar Bekerja Team Work, disini kekompakan kita memang benar benar di uji, karena kita hidup bareng, tinggal di rumah yang sama, tidur rame rame di ruangan yang sama dll... 

  • Belajar Mensyukuri nikmat karena kita Melihat usaha keras penduduk desa dan anak anak desa yang mungkin tidak seberuntung kita. dan masih banyak lagi manfaat lain yang bisa di ambil.


Lantas, kemarin kkn ngapain aja? Banyak hal yang kita lakuin, antara lain begitu kita sampai langsung istirahat dan tepar karena perjalanan yang jauh dan berbukit bukit. Esok harinya kita langsung bersosialisasi dan bermasayarakat sambil olahraga pagi.. ngobrol dengan petani dll. Intinya tahap awal kita melakukan analisa dan penyesuaian terhadap situasi dan kondisi di sana. Yap Setelah menganalsisi SWOT barulah kita memikirkan program apa yang bisa kita laksanain di sana..  ini nih yang paling lama.. karena ngerjainnya sambil main winning, sehari hari cuma makan, tidur, nonton main main dll. makanya gw jadi tambah gendut.. Selanjutnya setelah mendapatkan program, kita langsung mengerjakannya secepat kilat, biasalah kebiasaan mahasiswa upi H-2 baru dikerjain dan langsung selesai. 


Sehari hari lain juga banyak yang kita lakuin, ada yang ngajar, survei ke lapangan, kita juga ngadain acara 17 an lho.. ini yang lumayan rame.. ada game buat anak-anak dan dewasa.. nah yang paling seru klo menurut aku acara buat dewasa yaitu ibu ibu dipasangkan dengan suaminya joged balon..  hahaha.. KKN memiliki kenangan yang tersendiri..  Kampung pangkalan - Desa Cimanggu - Kecamatan Ngamprah - Kabupaten Bandung Barat Menjadi Kenangan Terindah selama kkn, jadi kangen kesna lagi.. ketemu ibu bapak yang dirumah... Kapan ya gini lagi? 

0 komentar:

Posting Komentar