Jumat, 26 Desember 2008

Install NVIDIA Driver di Mandriva 2009

Habis beli info linux yang baru bulan desember ini dikasi bonus mandriva yang terbaru, centos dan ubuntu ce. Hm.. klo dipikir pikir udah lama ga nyobain mandriva. akhirnya saya install mandriva dengan penuh keyakinan. sbenarnya bertanya tanya juga sih apa distro ini udah support codec apa belum? atau jangan jangan masih serba minimalis seperti ubuntu.  Oke langsung aja.. beres installasi saya langsung terkagum kagum melihat KDE4, emang baru kali ini nyobain KDE4 soalnya selama ini kerjaanku ga lepas dari slackware (KDE3.5) dan ubuntu (GNOME).


Ternyata sang mandriva sudah bisa muter mp3 tapi belum support codec video, untung di DVD IL itu udah disediain win32 codec nya. Plus driver NVIDIA juga sudah ada di bonus DVD info linux itu.  Seperti biasa, installasi dilakukan lewat console, tapi sebelumnya harus install beberapa pake dulu. Kalau saat installasi dari DVD IL itu saya copy semua file installasinya "Copy Whole......" itunya di ceklis. jadi klo mau install udah terkonfigurasi repo nya langsung. tinggal install paket dari add/remove software. Nah Software yang mau di install :



  • gcc

  • make

  • binutils

  • linux kernel source


Setelah software itu di install, klo sekarang sedang berada di GUI silahkan pindah ke TUI dengan mengetikkan perintah ini di konsole:


# init 3


Kemudian lanjutkan dengan eksekusi driver NVIDIA dari cd infolinuxnya dengan :


# ./NVIDIA**********.run


Ikuti petunjuknya sampai beres, kalo tidak ada pesan error berarti installasi selsai, kembali ke mode GUI dengan :


# init 5


Installasi driver selesai, pada saat Xserver Start maka akan muncul logo NVIDIA. Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar