Kamis, 17 September 2009

Rip VCD menggunakan Linux

Sudah lama sekali saya tidak posting di blog karena kesibukan kuliah. Setelah pulang kampung untuk lebaran saya melihat dirumah terdapat banyak sekali koleksi VCD P-Ramlee, Memang kelihatannya filem itu kuno, tapi itu favorit saya. Nah, Lalu timbul ide untuk mengcopy dan membawanya pulang ke bandung. Akan tetapi ada masalah, jika dibawa dalam format keping CD ( CD mahal, makan tempat, repot burning dan resiko rusak), ide lain untuk membawa dengan membuat Image CD, tapi terpikir kalau ntar mau di buka repot harus mounting2. Nah, Bagaimana kalau di Rip menjadi File AVI? Ide Bagus.



Karena saya merupakan linux mania,saya terfikir gimana ya caranya untuk Rip VCD di linux? Saya coba cari di Google ternyata caranya gampang. Linux Is The Best Lah pokoknya. Syaratnya harus ada mplayer+mencoder di linux anda. Saya menggunakan distro BackTrack Linux yang jadul (ver.3) tapi saya lebih senang versi ini daripada yang baru. Oke langsung aja, syntax nya di ketik di konsole, perintahnya hanya satu baris:




mencoder vcd://2 -o file.avi -oac copy -ovc lavc -lavcopts vcodec=mpeg4:vbitrate=2000



Nanti hasil nya kita akan mendapatkan file avi hasil Rip VCD tersebut, gampang kan?? Mudah mudahan bermanfaat. ;)

0 komentar:

Posting Komentar