Jumat, 11 Desember 2009

Setting Password Cisco

Baru baru ini Gedung FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia mengganti koneksi internet yang semula dengan EDSL ke Fiber Optik. Lebih kurang 3 tahun menjadi network administrator di sana, FPMIPA mengalami 3 penggantian core connection. Awalnya menggunakan Wireless Point, VDSL, EDSL dan sekarang diganti lagi dengan Fiber Optik. Mudah mudahan lebih baik lagi. Setelah terminasi cisco, pada proyek tersebut Fiber dihubungkan dengan Switch Cisco Catalyst 2960G.


Oke Langsung aja, pastikan cisco sudah On dan kabel console sudah terhubung dengan cisco dan port COM di komputer/laptop kita. Untuk melakukan konfigurasi cisco kita harus remote cisco lewat port COM1. Kita bisa melakukan remote dengan menggunakan hyper terminal di windows, atau bisa juga menggunakan putty. Dalam hal ini saya menggunakan putty dan pilih connection type : serial. Pastikan Hostnya COM1 atau yang terhubung dengan cisco. Jendela putty akan keluar, lalu tekan enter. Maka kita akan berada pada cisco :




router>



Setting password dilakukan untuk mencegah akses user yang tidak memiliki hak akses. Setting password ini harus dilakukan pada Privileged EXEC Mode :




router> enable  <-- Mengubah dari User EXEC Mode ke Privileged EXEC Mode.
router# <-- Privilaged EXEC Mode



Masuk ke konfigurasi terminal dan set password untuk cisco tersebut, dengan perintah :




router#configure terminal  <-- Mengubah konfigurasi pada terminal Catalyst
router(config)#enable password password <-- Misal enable password Contoh@jA
router(config)#enable secret secret <-- Sesuaikan secret, misal enable secret TestJu9@



Perbedaan antara “password” dan “secret” adalah pada enkripsinya. Untuk “enable password Contoh@jA”, maka kata “Contoh@jA” akan ditampilkan tanpa enkripsi jika kita tidak menset Catalyst untuk mengenkripsi password. Sedangkan untuk “enable secret TestJu9@”, maka kata “TestJu9@” akan dienkripsi meskipun Catalyst tidak diset untuk itu. Contohnya seperti berikut :


enable secret 5 $1$Kev5$QvRbEv1Queo9.y.hCGjAj/
enable password 7 Contoh@jA

Untuk keluar dari cisco cukup dengan mengetik perintah :




router# exit
router> exit



Segitu dulu, yang lainnya nanti di sambung lagi.. ;)  Sekarang mau ke kampus dulu. Mudah mudahan bermanfaat.


2 komentar: