Kamis, 06 Mei 2010

Mengakses Cisco Device

Perangkat cisco dapat diakses dengan beberapa cara, console connection, telnet atau http. Akan tetapi apabila device dalam kondisi baru dan belum terkonfigurasi maka satu satunya cara untuk mengkonfigurasi device adalah dengan command line internface (CLI). Untuk dapat mengakses cisco device dengan CLI, maka perangkat harus dihubungkan dengan node (computer/laptop) menggunakan calbe crossover.


Cable crossover dengan RG45 dihubungkan ke device cisco (biasanya bagian belakang) dan dihubungkan dengan node di port serial (COM1/COM2).Apabila menggunakan node yang tidak memiliki port serial, dapat menggunakan USB to Serial Converter. Selanjutnya kita harus mengaktifkan aplikasi terminal emulation. Jika menggunakan Windows XP, aktifkan aplikasi HyperTerminal.


Apabila baru pertama kali menggunakannya kita akan diminta menuliskan nama. Isi dengan nama apapun, misal Catalyst Express 2000 lalu pilih icon yang akan digunakan. Pada bagian Connect Using, pilih port serial yang dihubungkan ke console cable (biasanya COM1).


Setelah Muncul jendela Properties, lakukan setting seperti berikut :
a.    Bits Per second    : 9600
b.    Data bits        : 8
c.    Parity        : None
d.    Stop bits        : 1
e.    Flow Control    : None


Selain menggunakan HyperTerminal ada sebuah aplikasi alternatif yang dapat digunakan yaitu PuTTY. PuTTY biasanya digunakan untuk remote console antara linux dan windows, namun di versi PuTTY yang terbaru terdapat fitur terminal emulation dengan port serial

0 komentar:

Posting Komentar