Jumat, 09 Juli 2010

Installasi Captive Portal dengan PfSense

Sebagian besar layanan internet (hotspot) menggunakan sistem authentikasi captive portal. captive portal sering dipakai karena lebih handal dan secure dibanding sistem authentikasi lain seperti WPA key, WEP key dan MAC filtering.  salah satu sistem captive portal yang terkenal adalah menggunakan PfSense. PfSense adalah distribusi berbasis FreeBSD. Pfsense sudah dirancang dengan khusus untuk mempermudah kebutuhan routing, filtering, firewall, captive portal dll.


Untuk membuat captive portal dengan pfsense, langkah pertama adalah melakukan installasi pada PC router. Pfsense sebenarnya tidak membutuhkan installasi, bisa running pada media CD akan tetapi untuk melakukan setting dan konfigurasi sebaiknya di installkan agar konfigurasi tersimpan. langkah installasi sangat mirip dengan installasi FreeBSD (diasumsikan sudah bisa). Setelah installasi selesai maka akan muncul menu untuk melakukan beberapa konfigurasi, yang penting dilakukan adalah :




  1. Choose Interface

  2. Assign LAN IP addres

  3. Enable SSH (untuk keperluan remote)


Setelah 3 hal tersebut di konfigurasi, maka langkah selanjutnya akan sangat mudah. karena kita dihadapkan dengan web interface. sambungkan PC client ke switch (yang LAN) dan kemudian di browser ketik alamat  router pfsense tadi. maka akan muncul login (masukkan username dan pass, defaultnya user=admin pass=pfsense). setelah login maka akan ada wizard untuk konfigurasi router. ikuti sampai selesai


untuk mengaktifkan captive portal tinggal pilih menu services --> captive portal. isi konfigurasi sesuai kebutuhan (termasuk form login dan error bisa di customize). :)

0 komentar:

Posting Komentar