Kamis, 27 Januari 2011

Enkripsi dengan Symetric Chippers

Symetric chippers merupakaan salah satu teknik enkripsi yang klasik. enkripsi symetric adalah bentuk kriptografi di mana enkripsi dan dekripsi dilakukan dengan menggunakan kunci yang sama. juga dikenal sebagai enkripsi konvensional.


Enkripsi symetric mengubah plaintext menjadi chippertext menggunakan kunci rahasia dan algoritma enkripsi. sistem ini menggunakan kunci dan algoritma dekripsi yang sama. dengan teknik enkripsi ini, serangan bisa terjadi dengan cryptanalysis terhadap algoritma enkripsinya, brute-force untuk mendapatkan kemungkinan kunci nya. berikut model enkripsi symetric:



pada awalnya (enkripsi klasik) ada dua teknik yang digunakan pada symetric, yaitu subtitusi dan transposisi.




  • Subtitusi, dengan teknik subtitusi kita mengganti setiap huruf dengan huruf tertentu yang berpola. misalnya caesar chiper, mengganti setiap huruf dengan 3 huruf setelahnya pada alfabet. contoh:


[plain]plain : meeet me after the toga party
chiper: PHHW PH DIWHU WKH WRJD[/plain]

  • Tranposisi, dengan teknik ini kita mengganti posisi setiap kata dan cara membaca nya. contoh simple nya :


[plain]plain : meet me after the toga party [/plain]

untuk membuat chippernya dengan rail fence :

[plain]m e m a t r h t g p r y
e t e f e t e o a a t
chiper : MEMATRHTGPRYETEFETEOAAT[/plain]

Saat ini sudah banyak algoritma enkripsi yang baik, dan menggunakan komibinasi2 yang banyak. Secara umum cara kerja enkripsi symetric seperti contoh diatas. dalam menggunakan model enkrispi symetric, kita harus menggunaan algoritma enkripsi yang baik. semakin baik algoritma enkripsi yang kita gunakan, maka keamanannya semakin tinggi. perlu diperhatikan jika kita menggunakan algoritma symetric, pengirim dan penerima harus menggunakan kunci yang sama dan "amankanlah kunci itu" :)

0 komentar:

Posting Komentar