Selasa, 31 Mei 2011

Install Flash 4 Linux di Variant Ubuntu

Awalnya saya otak atik ini karena saya ada kerjaan dengan macromedia flash (sekarang adobe flash), siapa sih yang ga kenal flash. flash merupakan sebuah software yang dipergunakan untuk membuat animasi. masalahnya saya pecinta open source dan flash itu sendiri berbayar dan harganya sangat mahal (skitar 7 jutaan). searching dan terus searching akhirnya saya ketemu aplikasi Flash 4 Linux (F4L) yang bisa dipake sebagai pengganti software berbayar tersebut. Nah step installnya sebagai berikut


Install dependencies yang diperlukan dengan perintah:


[plain]
$ sudo apt-get install flashplugin-installer flashplugin-nonfree
$ sudo apt-get install build-essential
$ sudo apt-get install libqt3-mt alien
[/plain]


setelah itu download aplikasi flash 4 linux nya di sini


[plain]$ wget -c http://hany.sk/~hany/_data/RPM/doors-fc4/f4l-0.2-1.i386.rpm[/plain]


karena paket aplikasi f4l yang di download berbasis rpm (Redhat Package Manager) kita ganti ke debian package menggunakan alien:


[plain]$ sudo alien -k f4l-0.2-1.i386.rpm[/plain]


sewaktu saya mengconvert terdapat beberapa warning, tapi dibiarin aja jalan kok. Hasilnya file baru dengan ekstensi *.deb


[plain]f4l_0.2-1_i386.deb[/plain]


nah kalau sudah jadi file deb, kita install dengan perintah :


[plain]$ sudo dpkg -i f4l_0.2-1_i386.deb[/plain]


kalau ga ada error berarti berhasil, Flash 4 Linux (f4l) sudah terinstall dan siap digunakan. untuk memanggilnya bisa dengan run "f4l" atau dari terminal dengan perintah:


[plain]$ /usr/bin/f4l[/plain]


semoga berhasil dan bermanfaat.. ;)

0 komentar:

Posting Komentar