Selasa, 28 Juni 2011

Convert Video Di Linux (Ubuntu)

Tulisan ini saya tulis karena terpaksa (sperti biasa, kalau perlu baru di oprek). Nah ceritanya kemarin saya dapat video animasi dari temen. pengen nonton tapi masalahnya kalau di laptop ga puas, terus ngelirik DVD player. Ah, kalau harus di burn dulu cape deh, ngehabisin kepingan CD/DVD aja. Akhirnya file video tersebut saya masukkan kedalam USB Flashdisk dan di Play, List video yg ada di Flashdisk itu keluar tapi tidak bisa di play, ternyata codec nya di DVD player saya tidak lengkap. DVD tersebut tidak support Matroska (*.mkv) format.


Oke, akhirnya muncul ide untuk mengkonvert video nya, lalu saya cari toolsnya supaya di OS saya (Linux Mint) bisa convert Video nya ke AVI atau MPEG. Berikut cara cara nya:



[plain]
$ sudo apt-get install mencoder
$ sudo apt-get install ffmpeg
[/plain]

Setelah terinstall untuk mengconversi video tersebut bisa menggunakan perintah berikut:



[plain]
$ mencoder videoasli.mkv -o videohasil.avi -oac mp3lame -ovc lavc
[/plain]

atau ada cara kedua dengan perintah berikut:



[plain]
$ ffmpeg -i videoasli.mkv videohasil.avi
[/plain]

nah, dua tools tersebut dipergunakan dengan konsole. ada satu tools lagi yang bisa dipakai dan berbasis GUI yaitu WinFF. bisa di install dengan perintah:



[plain]
$ sudo apt-get install winff
[/plain]

 



kemudian untuk menjalankannya bisa pergunakan menu dan langsung keluar GUI nya. Tinggal pilih file videoasli nya dan pilih opsi untuk output nya.


Ini Screenshot nya. Semoga bermanfaat ;)

0 komentar:

Posting Komentar