Sabtu, 03 Desember 2011

Edit Entry Grub di Variant Ubuntu

Saya sudah lama sekali tidak mengoprek2 grub, eh tapi begitu ada blankon patimura yang merupakan turunan ubuntu saya coba install. ternyata bagus juga nih distro buatan indonesia. selesai install karena saya dual but, tampak list pilihan sistem operasi yang ada di grub nya tidak menyenangkan. kalo saya sih ga suka ada banyak gitu, suka tidak terpakai dan banyak yang ga penting seperti memory test dsb nya. saya berniat mengedit list sistem operasi di grub nya, cukup dua aja, windows dan linux.


ternyata begitu saya buka grub nya sistem nya sudah berbeda, saya baca baca di mbah google, katanya sejak ubuntu 9.10 list sistem operasi tidak lagi ada di menu.lst tapi di grub.cfg. Cara editnya seperti ini :


[plain]
$ sudo su
# cp /boot/grub/grub.cfg /boot/grub/grub.cfg.original
# chmod 644 /boot/grub/grub.cfg
# nano /boot/grub/grub.cfg
[/plain]


silahkan di edit, kalau saya mah karena ingin nya cuma dua list jadi yang tidak perlu saya hilangkan dengan menambahkan tanda # di depan nya. kalau selesai di edit, ganti kembali mod nya jadi 444 baru restart :

[plain]
# sudo chmod 444 /boot/grub/grub.cfg
# reboot
[/plain]



selamat meikmati grub yang baru <:-P

0 komentar:

Posting Komentar