Selasa, 07 Agustus 2012

Android USB Tether dengan Ubuntu

Awalnya begini, saya mencoba menggunakan koneksi internet android saya untuk di laptop. Entah kenapa di windows lancar jaya, tapi di linux saya tidak bisa langsung terkoneksi (saya menggunakan Linux Mint 13, variant ubuntu). Karena penasaran dan sebagian besar saya bekerja di linux mau tidak mau saya oprek dan searching2 dengan om google. Ternyata bisa meggunakan aplikasi EasyTether, di ubuntu kita harus di install driver EasyTether nya dan di Android kita harus di install juga aplikasi tersebut. Berikut langkah langkahnya:




  • Download Aplikasi EasyTether dari App Store

  • Download dan install driver EasyTether dengan perintah berikut:


[plain]
ubuntu$ wget -c https://sites.google.com/site/easytether/easytether/easytether_0.7.3-1_i386.deb?attredirects=0&d=1
ubuntu$ sudo dpkg -i easytether_0.7.3-1_i386.deb
[/plain]

  • Selanjutnya kembali ke hp android kita, buka aplikasi EasyTeather yang sudah terinstall

  • Setup

  • Pilih Linux, Ikut Wizzard nya dan next terus sampai finish

  • Sambungkan kabel USB ke PC/Laptop dan Android

  • Di Ubuntu Buka terminal dan ketik perintah berikut


[plain]
ubuntu$ easytether connect
[/plain]

Maka secara otomatis di ubuntu kita langsung terkoneksi dengan wired connection. Terminal tersebut jangan di tutup karena akan disconnect jika terminalnya di close. Untuk mengakhiri koneksi tinggal tekan tombol CTRL+C di keyboard. \m/

0 komentar:

Posting Komentar