Rabu, 08 Oktober 2008

Membuat Slackware USB boot Install

Hal ini aku alami sewaktu mau format ulang anoa ku, ya seperti yang kita ketahui, anoa ga punya CDROM jadi aku hanya memiliki dua opsi saja yakni Install from Network atau Install from USB.Nah, Karena kebetulan sekarang lagi berada di Rumah, hanya memiliki laptop ini saja dan tidak memungkinkan untuk konfigurasi installasi lewat TFTP Network server jadi aku coba ngulik bagaimana caranya supaya bisa install slackware dari USB. Ya, untuk kasus sebelumnya sih gampang karena aku pake Slax dan Backtrack, yah di tutorial sebelumnya aku udah posting cara untuk install slax dan turunannya di USB. Tapi masalahnya ini slackware dan bukan slax n friends.

Oke cukup introductionnya, berkat dokumentasi dari slackware dan googling di internet ternyata caranya gampang, Hanya menggunakan satu baris perintah. Nah, prinsipnya perintah ini akan memasukkan kernel dan progra serta command seperlunya. Namanya juga buat slackware USB boot. Perintahnya :
 dd if=usbboot.img for=/dev/sdx bs=512 

nah usboot.img itu adalah sebuah file image yang sudah di atur oleh slackware untuk USB boot, bisa di dapatkan di CD/ISO slackware.Perlu diingat dengan perintah itu semua data yang ada di flashdisk akan hilang dan akan membuat partisi dengan ukuran 512. Nanti setelah keperluan selesai buat lagi aja partisi baru dan format lagi aja flashdisknya..
Proses pembuatan USB boot selesai, selanjutnya untuk install tinggal boot from USB dan lakukan installasi seperti bisa, hanya saja pilihan source paket dari premounted directory,FTP/NFS/HTTP. Jadi deh..

0 komentar:

Posting Komentar