Kamis, 26 Maret 2009

Domain Indonesia *.id

Buat yang mau memilih domain level 3 di indonesia, ini ada sedikit info. selayaknya pemilihan domain disesuaikan dengan keperluan dibawah ini, tapi kebanyakan orang memilih jalan yang tidak repot (biasalah..) karena yang paling simpel domain.web.id maka orang kembanyakan memilih domain itu karena disamping murah cuma butuh fotokopi KTP aja. Berikut domain level 3 indonesia :




  • or.id --> domain untuk organisasi. misalnya poss.or.id untuk pengaktifan domain ini, PANDI meminta SK dari organisai atau yayasannya

  • go.id --> domain ini khusus untuk lembaga pemerintahan. misalnya ristek.go.id. PANDI meminta sayarat resmi dari pemerintah.. banyak sekali lho.

  • sch.id --> domain ini untuk lembaga akademik, biasanya sekolah. misalnya smanplus-riau.sch.id. sayaratnya harus ada SK dari DIKNAS atau Yayasan.

  • ac.id --> domain ini juga untuk lembaga akademik atau pendidikan, biasanya universitas bukan sekolah. contohnya upi.ac.id. syaratnya kurang lebih sama dengan domain sch.id

  • web.id --> domain ini untuk personal website, misalnya web blog pribadi atau komunitas yang tidak berbentuk organisasi. syaratnya hanya fotokopi ktp (di scan sih).

  • mil.id --> domain ini untuk lembaga militer indonesia. dan syaratnya edan banyak banget, sama dengan go.id


sepanjang yang saya tau sih itu aja, untuk register domain bisa dilakukan langsung di PANDI atau di webhosting mana aja. biasanya webhosting itu yang akan membantu meregsitrasikan ke PANDI. Mudah mudahan bermanfaat, saya banyak tau karena dulu pernah mengelola domain.

0 komentar:

Posting Komentar