Senin, 02 Maret 2009

Mengganti LiveCD name di SLAX

Ilmu Ini saya dapat dari adik tingkat saya freez_meinster, sehubungan dengan skripsi saya harus mengganti nama variant live cd pada slax yang saya gunakan pada flashdisk.Defaultnya slax atau backtrack yang dipasang pada flashdisk memiliki dua buah folder yaitu folder boot dan folder slax, nah kalalu kita ingin customize slax kita menjadi variant/distro baru kita bisa ganti namanya jadi nama sendiri misalnya nama distronya mandala, jadi ntar di dalamnya punya ada folder boot dan folder mandala:p.Caranya gampang Kok:



  1. Boot slax nya dari flashdisk, biar lebih enak masuk ke text mode m/

  2. Login dengan username root dan password toor.

  3. Pindah ke folder boot
    cd /boot/

  4. Extract file initrd.gz nya menjadi initrd
    gzip -d initrd.gz

  5. Buat folder untuk mount initrd
    mkdir mount

  6. Mount file initrd nya
    mount -o loop initrd mount

  7. Pindah ke folder mount nya
    cd mount

  8. Edit file liblinuxlive pake editor kesukaan ( kalo saya pake pico)
    pico liblinuxlive

  9. Ganti bagian livecd name nya menjadi nama distro baru
    LIVECDNAME=mandala

  10. simpan dan keluar dari editor lalu unmount initrd
    umount mount

  11. Compress Kembali initrd menjadi initrd.gz
    gzip initrd

  12. Ganti nama folder slax yang ada di flashdik jadi mandala (kalau ga diganti ga bisa booting), gampangnya restart aja ke windows, terus dari windows rename folder slax nya jadi mandala.

  13. Beres deh... ;)


Semoga Bermanfaat... :)

0 komentar:

Posting Komentar