Selasa, 30 Juni 2009

Menginstall Editor Pico di Freebsd

Beberapa hari ini karena tuntutan kerjaan saya berkutat seputar freebsd yang selama ini dibilang sangat mengerikan, ternyata ngga juga tuh. Menurut saya freebsd itu asik lho.. tapi emang rada lieur (susah).. tapi klo dari segi kasikan, sangat mengasikkan.. pengen malah rasanya mengganti os favorit dari slackware jadi freebsd. hehe.. oke langsung aja.. karena saya terbiasa dengan slackware dan editor favorit saya adalah pico /nano (mirip2lah) maka terfikir untuk menginstall pico di freebsd. tujuannya apa? biar kerja lebih gampang karena sesuai dengan environtment dan kebiasaan. setelah menginstall bash alangkah lebih mudahnya kalau nginstall editor favorit yakni pico. caranya gampang, modal nya cukup satu yaitu DVD freebsd. kasusnya saya install pada freebsd 7.2 dan DVD freebsd 7.2, tapi intinya kalo versi lain yang penting ada paket pico-alpine ntah dari cd atau download. Caranya:



Sebagai root, ketik perintah:




# sysinstall



Masuk ke menu : configure --> packages --> 1.CD/DVD --> editors


pilih paket yang bernama pico-alpine-2.00_1 dengan menekan spaci atau tombol enter, kemudian cancel dan pilih install. Otomatis freebsd akan menginstall pico dari cd/dvd. untuk yang kasusnya download pake ports/packages ketik perintah :




# pkg_add -r pico-alpine-2.00_1.tbz



setelah selesai install buat yang sudah menginstall bash dan berada pada lingkungan bash, sudah dapat mengeksekusi editor pico secara langsung dengan perintah:




# pico nama.file_yangingindiedit



jika belum menginstall bash atau tidak berada di bash, misalnya dengan /bin/sh harus mengeksekusi bash dari pathnya dengan perintah:




# /usr/local/bin/pico nama.file



apabila anda memakai /bin/sh dan tidak berminat menginstall bash,  supaya tidak repot mengetikkan path bisa membuat sebuah perintah baru dengan menggunakan alias.


Semoga bermanfaat..! ;)


EOF.

0 komentar:

Posting Komentar