Sabtu, 31 Oktober 2009

Dial Up Menggunakan pppd di Linux

Kemarin saya nyobain dial up mobi pake karena kelihatannya di wind**s koneksinya lama banget, dicari cari ternyata ga ada linux di kosan temenku itu cuma ada kubuntu. Ya udah gimana lagi, walaupun udah ga suka sama yang *buntu-buntuan tapi pake aja. Ga ada yang lain soalnya. Terus nyari ternyata ga ada KPPP di kde 4 nya, haduh makin repot aja nih. Nyari lagi wvdial ternyata juga ga ada.  parah deh... akhirnya nemu ada pppd yang berbasis konsole, dipelajari dari manual akhirnya bisa. Langkah-langkahnya :



Buat Konfigurasi untuk pppd itu dengan mengetik perintah :




# pppdconfig



Kemudian muncul wizard untuk konfigurasi nya, mulai dari awal isikan sesuai settingan dial up dari ISP nya termasuk username dan passwordnya. nanti pada akhir wizard akan dikasi satu settingannya ditaruh di file mana biasanya sesuai dengan nama ISP yang di isi misalnya /etc/pppd/peers/mobi. Kalau udah beres settingnya terakhir tinggal koneksikan dengan perintah:




# pppd call mobi



Cek di ifconfig kalau udah ada ppp0 dan udah dapat IP berarti udah koneksi. Kalau ternyata udah bisa koneksi tapi belum bisa browsing atau hostname lookup failed berarti file resolv.conf belum terbentuk. buat secara manual dan isi dengan DNS dari ISP nya:




# touch /etc/resolv.conf

isi dengan name server dari ISP, misalnya

nameserver 208.67.222.222
nameserver 208.67.225.225


Coba koneksikan ulang, klo udah berhasil ping / nslookup domain berarti udah sukses. selamat menikmati koneksi dengan pppd. :)

3 komentar: