Jumat, 11 Februari 2011

Petualangan ke Ujung Genteng

Wah sudah lama sekali rasanya saya ga posting di category story. kali ini saya mau cerita tentang perjalanan ke ujung genteng. Awalnya saya sama sekali ga tau dimana itu ujung genteng, begitu dengar katanya tempatnya bagus banget saya langsung searching dan cari info tentang tempat itu. Dari hasil googling dan testimonial orang-orang yang pernah ke ujung genteng, ternyata tempatnya adalah pantai yang sangat bagus sekali.

Muncullah niat ingin liburan ke sana, singkat cerita niat dan tekat udah bulat bakal liburan ke ujung genteng. kemudian dengan perancanaan yang cukup matang, akhirnya terjadwal lah liburan kami (temen2 kosan dan sekitarnya) ke ujung genteng, yaitu tanggal 4 februari 2011.  Karena menurut testimonial orang track/jalan ke sana cukup berbahaya, maka kami ambil keputusan untuk berangkat jam 1 malam dan menghabiskan sunrise di pelabuhan ratu.

Oke deal, kamis malam itu kami full team, malah makan dulu di daerah taman lalu lintas (untung ga ketemu banci) baru berangkat sekitar jam 1. kami satu mobil avanza, berisi 9 orang yaitu; saya, ibnu, cheyuz, adi, winprins, zakky, moy, titan dan fieda. malam itu kita jalan setelah mengisi bensin full tank, berangkat langsung ke arah sukabumi. mungkin karena malam, sekitar dua jam kita sudah sampai di kota sukabumi, wah cepat ya padahal saya bawa nya ga sampe 100km/jam kok. Setelah sampai disukabumi, tanpa stop langsung lanjut ke pelabuhan ratu. ternyata dari sukabumi ke pelabuhan ratu nya yang lama sekitar 2.5 jam dan jalan nya sepi lewat hutan.

huaa, serem juga sih tapi whatever lah terus langsung sampai di pantai pelabuhan ratu tepat waktu subuh.kita langsung nyari mesjid buat shalat subuh, langsung main di pantai menikmati pagi hari.Perut udah mulai terasa lapar, sekitar jam setengah 7 pagi, perjalanan dilanjutkan ke ujung genteng. nah ini dia track bahaya nya, naik/turun gunung, jalan sempit, dan jelek, mirip jalan riau-sumbar deh. untung ane udah biasa jalan jauh gan, nyetir asal ditemenin musik dan dopping (kratingdaeng) pasti melek terus. Perjalanan pelabuhan ratu ke ujung genteng (kira-kira 80KM lebih) memakan waktu 3 jam. jalur yang dilewati adalah kiaradua dan surade, nah klo udah sampe surade ini udah deket ke ujung genteng.

Si avanza masih terus dipaksa lari ke ujung genteng lewatin jalan yang lumayan ancur dan akhirnya sampailah di gerbang selamat datang. Dan disana, kami diwajibkan membayar tiket masuk ke pantai ujung genteng (2500/org). Sepanjang jalan sudah terlihat laut biru yang indah, tapi ternyata masih harus jalan lagi 6km kedalam, sampai akhirnya ketemu pantai ujung genteng.sesampainya disana kita langsung check-in ke penginapan yang udah di booking lewat telpon. yaitu pondok adi, view nya mantap banget.. keluar pondok langsung keliatan pantai ujung genteng yang indah.

setelah check-in kita istirahat sebentar, tepar dan minum es kelapa muda. sampai akhirnya kita sewa motor untuk  petualangan off road ke pantai muara. wuih perjalanan ke pantai ini benar2 menegangkan, bikin jatoh beberapa kali dan kotor kotoran. sepertinya pantai muara ini belum ada yang tau, dan kita diantar ke sana sama guide dari pondok adi. sesampainya disana, wuaaaaw, mantap deh.. masih bersih dan airnya jernih.. dipantai ini ga ada jejak kaki orang lain selain kita, kosong dan bersih.Akhirnya kita puaskan main-main di pantai ini, lari2an.. lompat2an.. main2-in pasir, dll lah..

lumayan lama kita main disini, pake acara nguburin si cecep lah.. lempar2an pasir, dan yang pasti main2in ombak.sekitar jam 5 kita langsung cabut lagi dari pantai ini buat ikut ngelepasin penyu di pantai pangumbahan. jalan offroad lagi dan ternyata begitu kita sampai disana anak-anak penyu nya ga ada. kata si bapak nya lagi ga musim sekarang mah.. musim nya sekitar bulan 7. sedih juga, tapi gpp katanya malam kesana lagi buat liat penyu bertelur. kita pulang, beres2, mandi, terus balik lagi kesana dengan harapan ada penyu yang datang buat bertelur.

ternyata penyu nya ga datang, nasib kali yah karena emang ga musim. tapi akhirnya urusan penyu terpuaskan juga dengan ngelihat penyu yg baru menetas, lucu. tapi kasian juga, si anak penyu nya panik karena ngeliat cahaya, apalagi difoto2 gitu pake blitz.. tapi sumpah lucu anak penyu nya, kyk mainan. hahaha.. pulang dari tempat penyu ini, kita langsung makan dan istirahat karena pagi2 mau siap2 ke curug cikaso dan langsung berangkat pulang. sekitar pagi jam 7.30 kita langsung check-out dan langsung cabut ke curug cikaso.

kebetulan di sebelah penginapan kita ada orang bandung juga yang mau ke curug cikaso dan amanda ratu. akhirnya kita putuskan untuk konvoi bareng2, kirain dia tau jalan. ternyata ngga juga, akhirnya kita yang disuruh duluan. Sampai di tanah lot amanda kebetulan hujan, saya ga semangat jadi ga foto2 disini..  cuma sekitar stgh jam kita langsung cabut ke curug cikaso. nah ini dia curug yang mantap. curug ini tepatnya ada di surade, masuk kedalam sekitar 4.5km dari jalan raya surade. untuk bisa sampai ke curug cikaso, kita harus naik perahu dulu, persis banget kyk green canyon. tapi sayangnya tempatnya deket banget, jadi naik perahunya ga sampai 5 menit.

setelah puas main di curug cikaso, sebenarnya niat hati mau ke curug cigangsa, tapi spertinya waktu ga cukup karena dipotong perjalanan pulang ke bandung. akhirnya kami putuskan untuk langsung pulang ke bandung. kali ini kami pulang ke bandung lewat jalan yang beda, yaitu lewat lengkong. ternyata lewat lengkong ini pemandangannya lebih mantap, ada kebun teh, pinus, dan bukit2 yang hijau. Next time saya bakal kesini lagi, harus.. karena ada beberapa hal yang belum tersampaikan karena waktu yang singkat. kalau pembaca ada yang ingin ke ujung genteng, berikut objek2 yang saya ketahui, ada yang sudah dikunjungi, ada juga yang belum:

• Pantai Ujung Genteng

• Pantai Muara

• Pantai Pasir Putih

• Pantai Ombak 7

• Pantai Pangumbahan ( pelepasan penyu/penyu bertelur)

• Tanah Lot Amanda Ratu

• Curug Cikaso

• Curug Cigangsa

• Goa Sungging

Kalau ada traveller yang berniat kesana,mau tanya2 silahkan di comment aja. ;) Very Recommended Place for Holliday.. :D