Selasa, 17 Januari 2012

Menghapus Recent Opened Files

Recent Opened Files adalah tempat dimana disimpan nya link file-file yang sudah pernah dibuka pada sistem operasi kita. Sistem ini dikembangkan untuk memudahkan pengguna untuk membuka file yang sudah pernah dibuka sebelumnya. Namun terkadang kita tidak menginginkan recent files itu dilihat oleh pengguna lain, dengan alasan yang berbagai macam. Termasuk salah satunya untuk menghilangkan jejak bahwa kita pernah membuka file tertentu di sebuah komputer.


Oke saya jelaskan sedikit kalau windows, semua recent files disimpan dalam bentuk link yang disimpan di folder recent. saya tidak mau membahas windows, karena terlalu gampang. Untuk menghapus list file recent di windows, cukup dengan membuka "run" dan ketikkan recent.


Nah, bagaimana di linux? saya menggunakan linux mint (varian ubuntu) yang menggunakan GNOME. kalau di gnome semua settingan local di simpan di sebuah hidden folder .local termasuk list recently opened files. Berbeda dengan windows, GNOME menyimpannya dalam bentuk xml yang selalu akan di update entri nya ketika kita membuka file baru.


Untuk menghapus recently opened files di linux (GNOME 2) cukup dengan menghapus file xml tersebut, perintahnya:



[plain]
$ cd /home/namauser
$ sudo rm .local/share/recently-used.xbel
[/plain]

tutup semua aplikasi dulu agar kelihatan perbedannya, buka kembali aplikasi nya, browse di "recently opened files" maka isinya akan kosong ;) Semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar