Minggu, 20 Mei 2012

Lock Jaringan Android 3G only (Galaxy ACE)

Pertanyaan yang selalu muncul di benak saya sejak saya punya hape android ini, gimana ya caranya supaya jaringan nya diam di 3G alias 3G only. Kalau di Blackberry sih ada settingannya langsung, nah entah kenapa di beberapa hape android ada dan beberapa tidak ada settingannya. Seperti di G-Ace milik saya, hanya ada satu option "Use 2G network only" tapi tidak ada "Use 3G network only, atau 3G prefferd". Ternyata dari pabrikan settingan awalnya adalah GSM/CDMA (auto), Nah dari situ juga saya tau kalau ternyata hape saya bisa CDMA. Oke Caranya gampang banget, ada settingan tersembunyi di android (mungkin saya yang baru tau, maklum newbie) :




  • Buka dial pad dan ketik  *#*#4636#*#*

  • Akan muncul menu tersembunyi, lalu pilih Phone Information

  • Scroll kebawah dan nanti akan muncul pilihan jaringan, tinggal ganti ke "WCDMA Only" atau "WCDMA Preffered" Kalau saya pilih WCDMA preffered, karena kalau WCDMA only  nanti hape tidak akan dapat jaringan jika di daerah tersebut tidak ada 3G nya.

  • Tepat dibawah pilihan signal ada tombol "Turn off radio" tunggu sebentar kemudian "Turn on radio" kembali

  • Maka di samping kiri signal bar bertahan pada sinyal 3G atau H, yang menandakan WCDMA atau HSDPA.


Tutorial ini baru saya test pada samsung G-ACE, yang lain belum saya coba. Semoga bermanfaat ;)

 

0 komentar:

Posting Komentar