Minggu, 20 Mei 2012

Memindahkan App Android ke SD (tanpa root-ing)

Siapa yang tidak kenal android, OS untuk hape yang lagi marak2 nya. Karena Android berbasis unix/linux saya tertarik untuk mencobanya ( HP saya Samsung Galaxy ACE). Oke langsung ke masalahnya ya, aplikasi untuk android sangat banyak sekali tapi masalahnya sebagian besar aplikasi android di install di memori internal hape. Sejak diperkenalkannya Ginggerbread, aplikasi android sudah bisa di install di memori external (SD Card), akan tetapi tidak semua aplikasi bisa dipasang di sana.


Kemudian ada yang mengembangkan aplikasi app2sd yang bisa memindahkan aplikasi yang terpasang di memori internal ke SD card, lagi lagi masalahnya tidak bisa semua aplikasi dipindahkan. Banyak tutorial di internet untuk memindahkan aplikasi android ke SD card, tapi hape android kita tersebut harus di root dulu (kasar nya di hack/bajak). Masalahnya melakukan rooting akan menghilangkan garansi. Memori internal di bebaskan karena akan berpengaruh pada performance hape, jadi kalau memori internal penuh hape akan menjadi semakin slow.


Setelah searching saya menemukan cara untuk memindahkan aplikasi pada memori internal ke eksternal, dan merubah default install nya ke SD card (tanpa harus melakukan rooting hape). Berikut caranya:




  1. Pasang Android SDK pada komputer/laptop. Bagi yang belum punya bisa download di sini

  2. Setelah download install aplikasi SDK tersebut.

  3. Install Driver hp, biasanya ada pada CD driver didalam dus hape pada saat pembelian.

  4. Hubungkan HP dengan Laptop/Komputer menggunakan kabel USB.

  5. Pastikan Laptop/Komputer terkoneksi dengan internet, bisa saja menggunakan thettering pada hape.

  6. Buka aplikasi Android SDK, lalu install "Android SDK platform tools" akan terlihat pilihannya, ceklis dan install package.

  7. Selesai install, buka CMD lalu cari adb.exe pada folder instalasi android SDK. Kalau di saya ada di C:\Program Files\Android\android-sdk\platform-tools\

  8. Eksekusi adb dengan mengetik perintah adb shell

  9. Lalu ketikkan command  pm setInstallLocation 2 dengan command ini membuat device anda memindahkan app yang terinstall ke SD Card dan saat anda mendownload aplikasi dari market maka default penyimpanan aplikasi adalah pada SD Card.

  10. Kita bisa mulai memindahkan aplikasi manual dengan memilih menu pada hape. Setting-->Application-->Manage Application  atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi app2sd (kalau sudah install ini).

  11. Kalau ingin mengembalikan default install device anda ke internal storage maka ketikkan command pm setInstallLocation 0


Selamat mencoba, semoga bermanfaat ;) Happy Android \m/

0 komentar:

Posting Komentar