Rabu, 03 Agustus 2011

Membangun Mail Server Dengan iRedMail

Karena saya sedang sedikit mengantuk, mungkin langsung aja ya. Awal saya kenal iRedMail ini karena saya ingin memasang webmail di server ilmu komputer upi, saya membutuhkan software untuk manajemen user tapi virtual user, kenapa? karena nanti bakal menghandle banyak sekali user. Saya tidak mau membebani server dengan membuat user system, selain vulnerable juga repot untuk manajemen nya.


Cukup lama untuk saya memutuskan menggunakan iRedMail, dari keseluruhan setup server, setup mail itu yang paling repot (menurut saya) saya sudah pernah coba menggunakan Qmail, Postfixadmin dsb. Tapi memutuskan menggunakan iRedMail karena istallasi nya mudah dan untuk manajemen usernya gampang (create, update,delete) , manajemen Quota gampang, mempunyai user ID. Pertimbangan lagi kenapa saya menggunakan iRedMail karena all-in-one , iredmail sudah include MTA, spam-asassin, managesieve, clamav virus scanner, roundcube webmail dll.


Oke langsung aja ya ke cara install nya, saya sudah pernah install di dua linux based yaitu ubuntu server dan centos. tapi biar gampang karena support ubuntu banyak saya coba tulis dengan ubuntu version (kurang lebih sama aja sih) Syaratnya LAMP server sudah berjalan. Bagi yang belum terinstall mail server bisa pasang dulu postfix dengan perintah berikut:



[plain]
$ sudo apt-get install postfix
$ sudo apt-get install dovecot
[/plain]

Nah langkah selanjutnya download iRedmail di alamat ini :



[plain]
$ wget -c http://iredmail.googlecode.com/files/iRedMail-0.7.2.tar.bz2
[/plain]

Extract dan eksekusi script installasi, lalu ikuti wizzad nya sampai selesai:



[plain]
$ tar xvjf iRedMail-0.7.2.tar.bz2
$ cd iRedMail-0.7.2
$ sudo bash iRedMail.sh
[/plain]

Tinggal ikuti wizzardnya dan pilih konfigurasi sesuai dengan kebutuhan




[caption id="" align="aligncenter" width="367" caption="Ikuti Wizzard Nya"][/caption]

Setelah installasi nya selesai maka selesai semua nya, untuk alamat webmail nya di http://domain.anda/mail dan management user nya di https://domain.anda/iredadmin. semoga bermanfaat ;)

1 komentar: