Selasa, 03 Juni 2008

Linux Networking

Teknologi Informasi berperan sebagai tempat menyimpan, mengolah dan mendistribusikan informasi. Semua bahan dapat disebarkan dengan menggunakan teklnologi jaringan (networking), intranet dan internet. Jaringan / Networking berperan sangat penting dalam teknologi informasi, adapun Jaringan Komputer itu sendiri adalah suatu sistem yang menghubungkan dua atau lebih komputer sehingga dapat berkomunikasi dan menggunakan resource secara bersama-sama.

Dari pengertian itu berarti pengguna komputer cukup hanya memiliki satu komputer akan tetapi dapat menggunakan resource yang terdapat pada komputer lain yang terhubung dalam jaringan tersebut. Pengguna dalam sebuah komputer dapat melakukan sharing data/informasi, berkomunikasi, menyediakan/menggunakan service dll, walaupun resource nya terdapat pada komputer lain. Beberapa manfaat nyata dari jaringan komputer antara lain:

1. Sharing Data/File/Informasi
2. Komunikasi Pengguna (seperti; chat, mail dan message)
3. Resource Sharinf (seperti; printer, cdrom, fax, scanner dll)
4. Penyedia Service (seperti; web server, mail server, file server, dll

Linux sangat powerfull dalam networking, karena dengan menggunakan linux setiap paket data dapat di filter dengan baik dan faktor virus OS windows tidak berpengaruh. Ayo pake linux dalam jaringan Anda..!!!

0 komentar:

Posting Komentar