Sabtu, 03 Januari 2009

Paksa Repair C:\Windows\system32\config\system

Sewaktu benerin komputer Zesty saya sempat bingung, kenapa? karena maslahnya filesy "system"nya corrupt/missing. Yakni C:Windowsystem32configsystem , berfikir dengan jernih dan mendapatkan ide, gimana kalau file milik windows komputer lain di copy ke komputer ini (yah.. cara bar-bar main paksa juga) tapi masalahnya di sana ga ada komputer lagi. Tadi rencananya mau di copy aja pakai live cd linux, tapi malah ga ada. Ya udah ga masalah buat saya, saya coba running cd windows xp nya lalu repair via recovery console. Oke, dengan beberapa perintah di CMD ternyata file system itu ada. Nah lho bingung.....


Pikiran sempit, langsung restart komputer, boot from xp cd dan enter.. (install ulang maksudnya) tapi apa yang terjadi? Blue Screen... mengerikan sekali, apakah hardisknya bad sector ya? waduh gimana ini? saya restart lagi dan kemudian coba utak atik opsi hdd di biosnya.. tapi tetap ga ngaruh, malah  hardisk sata nya ga kedetect. Wow, lieur oge..  Lalu saya coba cara paling bar-bar yaitu copy semua data di HDD with livecd ke hdd external saya, lalu format total satu hardisk.


Tapi karena masih penasaran, saya coba lagi oprek repair via recovery console dengan ke-isengan yang saya miliki, saya coba hapus file "system" tadi dengan command prompt dan mengopy file lain dan di rename namanya menjadi "system" siapa tau aja berhasil. Setelah restart apa yang terjadi? Proses repair langsung berjalan otomatis, tanpa proses copy file yang dari cd. langsung muncul proses installasi dengan GUI. yang dilakukan hanya menunggu sampai proses installasi itu selesai. Jadilah sebuah windows xp baru yang masih fresh.


Hm.. kesimpulannya kalau mau cepat repair windows xp ga usah lewat menu yang ada di cd, tinggal masuk ke recovary console, modofikasi file "system" tadi. Langsung deh jalan.. :)

0 komentar:

Posting Komentar