Selasa, 20 Januari 2009

Routing Table pada Linux

Mungkin ini hanya perintah sederhana dan basi :( tapi hal-hal kecil sperti ini yang suka lupa ;) makanya di tulis :p Di linux routing table sangat penting, kenapa? seperti yang kita ketahui linux banyak di gunakan sebagai router+firewall dengan alasan sekuritas, memang keren ya linux :x Nah, di semua linux perintah untuk melihat routing table itu sama cuma satu kata


# route


Maka sistem linux akan menampilkan routing tablenya, karena kasusnya router maka kita harus kenal dulu based networking, apa itu router dan bagaimana routing table bekerja ;) kalo ga susah nyambungnya. saya asumsikan saja udah bisa :p karena klo mau dibahas lagi panjang lagi :) .Kasusnya pada routing sederhana aja pada dua network yaitu lan dan internet. Asumsinya :



  • Lan --> 192.168.87.0/24

  • Net --> p2p 10.64.64.64


Nah, seharusnya default gw dari routing table kita adalah 10.64.64.64 (sesuaikan aja). Untuk Menghapus default gw yang sudah ada di routing table, perintahnya :


# route del default


Kita akan membuat default gw yang baru sesuai dengan network kita, perintahnya:


# route add default gw 10.64.64.64


maka linux akan menset secara langsung pada routing tablenya agar semua routing default diarahkan ke 10.64.64.64 ;)

3 komentar: